Sikap cinta tanah air perlu ditanamkan sejak usia dini yaitu usia Taman Kanak-kanak melalui proses pendidikan agar sebagai generasi penerus bangsa dapat mewujudkan sikap dan tingkah laku yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. Begitu pula dengan semangat persatuan dan kesatuan kita yang juga perlu ditanamkan sejak dini. Menanamkan sikap cinta tanah air kepada anak-anak dapat dilakukan dengan cara :

  1. Menanamkan nilai-nilai kebudayaan kepada anak diantaranya kesenian, agama dan penilaian mengenai lingkungan. Fungsinya adalah untuk mengembangkan potensi anak-anak sebagai manusia warga negara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa.
  2. Menceritakan sejarah dan tokoh-tokoh pahlawan Indonesia, melaksanakan upacara setiap hari senin dengan menghormat bendera merah putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengucapkan Pancasila untuk memotivasi agar anak dapat menghargai dan mencintai bangsa Indonesia.
  3. Mengajarkan anak untuk menjaga kebersihan dan kelestarian terutama di lingkungan sekolah.
  4. Menyayangi dan menghormati sesama teman berbeda agama dan makhluk ciptaan Tuhan (seperti hewan dan tumbuhan).
  5. Menanamkan sikap mandiri, disiplin, jujur, tingkah laku yang baik, hemat dan mempunyai rasa tangungjawab kepada anak-anak agar tidak terlambat datang ke sekolah dan bersikap baik didalam kelas.
  6. Mengajarkan kepada anak-anak agar berbakti kepada orang tua (bapak, ibu, dan guru) dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Tujuannya adalah agar anak-anak dapat mengerti bahwa arti dari cinta tanah air adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, dan rasa menghormati bangsa dan negaranya yaitu Indonesia. Selain itu menanamkan sikap cinta tanah air adalah agar anak-anak dapat berekspresi kreatif sesuai dengan potensi kreativitasnya dan mengurangi rasa ketakutan untuk bergaul bersama teman-temanya.

Anak usia dini dengan segala keunikannya adalah usia emas dimana anak sangat mudah menyerap informasi dan peka terhadap lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu sangat ditekankan pengembangan sikap dan perilaku agar memiliki dasar pendidikan yang kuat untuk masa perkembangannya dan menapaki jenjang pendidikan selanjutnya.

Memperkenalkan pakaian adat nasional kepada anak didik saat mengikuti karnaval seluruh TK di Kecamatan Martapura.
Mengajarkan kesenian tari tradisional dalam rangka memperingati hari Kartini.
Mengadakan lomba sepeda hias dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia agar anak-anak memahami perjuangan para pahlawan.

 

Berdoa dan belajar sholat untuk mengamalkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Menanam padi di sawah mengajarkan pada anak-anak agar lebih menghargai salah satu pekerjaan di lingkungan sekitar sehingga menumbuhkan rasa cinta tanah air.