Hartini adalah nama kecil dari Ny. Parsono, lahir dari keluarga yang sangat sederhana di Bojonegoro, 24 April 1962. Walau terlahir dari keluarga kurang mampu tapi semangat untuk menuntut ilmu sangat tinggi. Perjalanan hidupnya dilalui dengan penuh keikhlasan, ketebahan dan ketegaran, mengikuti air mengalir semua diserahkan pada kekuasaan Allah semata.

Alhamdulillah setelah lulus SPGN Bojonegoro tahun 1980 langsung diangkat menjadi Guru/PNS TMT 1 Oktober 1980 di SDN Sumberarum Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro. Walaupun gaji masih tergolong kecil tapi semangat untuk menuntut ilmu tinggi sehingga tahun1985 dapat di wisuda lulus Sarjana Muda IKIP PGRI Bojonegoro. Tidak sampai disitu, pada tahun 2005 lulus S1 dari STKIP Siliwangi Bandung dan tahun 2012, lulus S2 dari STKIP Pasundan Cimahi.

Pada tahun 1983, menikah dengan Prada Parsono (yang sekarang berpangkat Kapten). Dan dikaruniai empat anak, yakni Kapten Inf M. Firdyansyah, S.S, Dessy Dwi Yudha Santhi, M.Pd., Arie Yudha Margareta, S.Psi, Silvia Sandi Yudha, S.S.

Walau memiliki kesibukan sebagai seorang guru dan Kepala Sekolah, Ibu empat anak ini tetap memprioritaskan perkembangan dan pendidikan anaknya hingga dewasa. Hal ini terlihat dari pendidikan anak-anaknya, dimana semuanya memiliki gelar sarjana, bahkan salah seorang anaknya ada yang sedang menempuh pendidikan pada jenjang S3. Dengan kesibukkan yang luar biasa, namun Ibu Persit berprestasi ini terus menyeimbangkan diri baik dalam kepengurusan di Persit, tugasnya sebagai Kepala Sekolah dan sebagai seorang istri bagi suaminya serta Ibu bagi keempat anaknya.

Sejak menjabat sebagai Kepala SD Kartika X-3 pada tahun 2003, sudah banyak prestasi yang diraih, baik prestasi sebagai individu maupun prestasi sekolah. Baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, bahkan di tingkat Nasional. Prestasi yang pernah diraih diantaranya:

  1. Juara 3 Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Kabupaten Bandung Barat tahun 2008.
  2. Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi Bidang Sekolah Berbudaya Lingkungan tahun 2010.
  3. Juara 1 Kepala Sekolah Berprestasi Bidang Sekolah Sehat dan Sekolah Peduli Sanitasi Tingkat Provinsi 2015.

Prestasi-prestasi SD Kartika di bawah kepemimpinan Ibu Hartini, M.Pd. diantaranya:

  1. Juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten Bandung Barat tahun 2010.
  2. Juara 2 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi tahun 2012.
  3. Juara 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Provinsi tahun 2014.
  4. Juara 1 Lomba Sekolah Peduli Sanitasi Tingkat Provinsi tahun 2015.
  5. Penghargaan sebagai Sekolah Berbudaya Lingkungan dari Gubernur Jawa Barat.
  6. Juara 1 Lomba Tata Upacara Bendera (LTUB) Tingkat Kabupaten Bandung Barat.
  7. Juara Harapan 1 Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional tahun 2015.
  8. Juara 2 Lomba Sekolah Budaya Mutu Tingkat Provinsi Jawa Barat 2016, serta mohon doa dan dukungannya tanggal 11-15 Oktober 2016 akan mengikuti Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Prestasi-prestasi guru dan siswa SD Kartika X-3 di bawah kepemimpinan Ibu Hartini, M.Pd. pun sangat banyak. Hingga membuahkan nama SD Kartika X-3 dikenal oleh banyak kalangan, sehingga banyak kunjungan dari berbagai pihak untuk melihat salah satu Sekolah Sehat Nasional ini, diantaranya:

  1. Kunjungan Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Ibu Puan Maharani didampingi oleh Gubernur Jawa Barat.
  2. Merupakan tempat studi banding dari Rombongan Kepala Sekolah dan Guru dari berbagai Kabupaten/Kota bahkan dari luar jawa, diantaranya: Rombongan dari Kota Singkawang, Kota Balikpapan, Kota Oganilir.

1